Sunday, September 15, 2013

Kepada L e l a k i :



L e l a k i, baca suratku yah :)

L e l a k i,

Aku takkan berpuisi, tidak malam ini ketika ada hal penting yang ingin kusampaikan. Sangat penting, berdosa rasanya jika lelap dalam tidur sedang hal ini masih terpenjara di pikiranku.

Jika kamu sudah tahu, maka anggap tulisan ini alarm yang menggantung dekat lampu tidurmu. Menyala untuk menerangimu. Sesaat sesaat saja.

L e l a k i,

Kamu hebat. Sungguh. Tahukah? Padamu ada 4 tanggung jawab yang berdiam di tiap-tiap nafas dan jejakmu. Ada 4 kehidupan yang kamu bawa dalam kehidupanmu pula. Serupa jantung yang memiliki 4 ruang, dijaganya degupan.

Yah, 4 hal itu adalah: Ibumu, istrimu, adik perempuanmu, dan anak perempuanmu.

Perempuan-perempuan itu, yang katanya terletak 'syurga' di kakinya, sejatinya kamulah penjaganya! Lelaki!

L e l a k i,

Sungguh berat tanggunganmu. 4 perempuanmu, berkewajiban engkau jaga, untuk keselamatan kehidupan di dunia ini juga akhiratnya. Engkau yang akan menjadi pemimpin, penunjuk, pada pintu keabadian manakah yang kamu bawa untuk mereka. Syurgakah yang di sana 4 perempuanmu akan bercengkrama di atas dipan-dipan sambil memandangi sungai jernih yang mengalir? Ataukah neraka yang kan habis melumat 4 perempuanmu, api membakarnya, lagi dan lagi untuk selamanya?

L e l a k i,

Kamu hebat. Sungguh. Jika saja kamu menyadari tanggung jawab ini, sekiranya kamu takkan merusak 'jantung'mu bukan? Kamu, akan lebih menghargai hidupmu, menghormati perempuanmu, menepis egomu untuk bermain-main dengan air mata, mulai merencanakan sebaik-baik impian untuk perempuanmu dengan kekuatan yang kamu punya.

Tak ada lagi permainan, apa saja, yang nantinya kamu takkan bergelar 'Lelaki Buaya', 'Mata Keranjang' dan segala istilah lainnya yang perlu kamu sandang. Tak ada.

Kamu hanya boleh bersandangkan gelar 'Lelaki Hebat' atau 'Lelaki Penjaga 4 Syurga'. Apa saja, segala sapa yang hebat untuk balasan kebaikanmu. Itu sangat pantas untuk kamu, jika dengan ikhlas dipahami.

L e l a k i,

Inilah yang ingin aku, perempuan, sampaikan. Terima kasih sudah mau membacanya. Sangat terima kasih jika hal ini mau dimaknai. Dan dari 4 perempuanmu, 4 cinta yang akan kamu terima, berlipat-lipat, bercabang, bermutasi hingga kamu lupa bagaimana rasanya kesedihan tak dicintai. Aamiin.

Salam ukhuwah, P e r e m p u a n.


*sebuah refleksi dari tulisan Lelaki Baik, Hidup Laki-laki. :-) Maaf jika terkesan menggurui.


Malam, 07 09 13/22.08

1 comment:

  1. harusnya semua lelaki membaca tulisan mu ini de'... :)

    ReplyDelete