Friday, March 28, 2014

The Six Degrees of Separation: Ternyata...


Look at arround!

"See, setidaknya 'kita' terhubung dan dipisahkan oleh 6 pihak saja. Enam!"

*

Hai, kalian pernah dengar lagu The Six Degrees of Separation milik The Script? Kalau belum, kalian bisa coba download di sini. Yah, ini lagu tentang 6 hal yang akan dilalui seseorang apabila patah hati. (yeahh...yang lagi patah hati langsung berencana download) Ahahaha. But, bukan itu yang ingin saya bicarakan sekarang. Ada hal menarik ketika sedang mencari lirik lagu tersebut, saya malah mendapatkan artikel tentang sebuah teori 'Six Degrees of Separation' (Enam Derajat Pemisahan).

Jadi, katanya:



"Six Degrees of Separation" adalah sebuah teori yang mengatakan bahwa setiap manusia di bumi memiliki hubungan dengan siapapun manusia lainnya, yang hanya terpisah sejauh 6 orang.


Karena penasaran saya mencari beberapa artikel yang membahas teori ini, bisa dilihat di sini, di sini, di sini juga, masih banyak lagi deh yang membahas konsep fenomenal ini. Ehm, sebenarnya bagaimanakah gambaran konsep ini?  

Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Stanley Milgram, psikolog sosial dari Harvard pada tahun 1967. Teori ini berkaitan dengan fenomena Dunia Kecil. Secagai contoh, ketika berkenalan dengan seseorang, setelah berbicara panjang kali lebar ternyata dia itu anunya si anu kenalannya orang yang kita kenal, orang yang kita kenal ternyata kenalan orang yang dia kenal, pokoknya begitulah.. nyambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. Saling melempar tanya, "Kenalko sama si anu?" trus dijawab, "Kukenalji. Nah, temannya anuku itu." dan blablablabla hingga akhirnya keluarlah celetukan, "Sempitnya dunia!" (Ahahaha, kayak pernah aja ngukur luasnya dunia. ckckck) 

Gimana, hal serupa pernah terjadi di kehidupan kalian juga kan?

Katanya, pengalaman seperti ini disebut sebagai fenomena dunia kecil (small world phenomenon). Milgram (si penemu) kemudian melakukan percobaan yang ternyata berhasil menentukan bahwa rata-rata dibutuhkan 6 langkah/pihak untuk menghubungkan siapa saja di dunia ini.

 
Nah, ayo dicoba!

Apakah teori ini bisa dibuktikan kebenarannya? Teori ini pernah dibuktikan oleh seorang Kevin Bacon, lalu dibuatkan permainan yang dinamakan Six Degrees Of Kevin Bacon atau The Kevin Bacon Game, bahkan sampai si Bacon ini bikin lembaga yang bernama sixdegrees.org yah...wallahu a'lam sih, soalnya saya belum membuktikan sendiri. Tapi, pengen rasanya mencoba ahahaha kali aja saya terhubung gituh sama Messi, atawa vocalisnya The Script, atawa Leonardo D'caprio, atawa Bang Iwan Fals, atawa... (ngarep abisss) Biarlah, toh adanya ini teori, memungkinkan seseorang terhubung dengan orang yang diinginkan lain melalui 6 orang saja. Jadi inget lagu dangdut, pacarku 6 langkah, eh 5 langkah yah klo yang itu.:D

*

So? Kalau dihubungkan dengan J O D O H (Lah?!) itulah mengapa lagunya Afghan 'Jodoh Pasti Bertemu' sangat baik untuk didengarkan. Maksud saya, ahahaha liat-liatmi persoalan jodoh itu mirip-miriplah dengan teori ini. Pasangan yang tak saling kenal, ternyata...setelah ditilik, diamati, diterawang (hawwehh) ditelusuri gitu, adalah dua orang yang dihalangi dipisahkan oleh beberapa pihak saja.

Jadi, santai sajalah jombloa... kebahagiaan kalian yang tertunda itu (hanya) diakibatkan 6 orang yang pakaballisi menghalangi jalan kalian bertemu dengan pujaan hati. Jangan takut, 1 lawan 6 bisaji itu. *ngawur deh*

Untuk yang sudah menemukan pujaan hatinya (cieee), ayo buktikan teori ini. Tanya-tanyami istri, atau suami kalian, semoga tidak keluar kata, "Kauji pale!" Ahahaha

Wallahu a'lam. Kepada Allah-lah kita berserah. ^^

*

Siapakah 'seseorang' yang terhubung dengan saya? Singkirkan 6 orang itu!
Yeahhhhhahahaha!


Mksr, 29/03/14


12 comments:

  1. Replies
    1. Ahahaha, nantipi kujelaskan klo ke maroska. ckckck

      Delete
  2. Replies
    1. ahahaha nda mengertika itu komenta -_-

      Delete
    2. teori abal-abal ini... tdk percayaka saya... hehehe :P

      Delete
    3. nda kupaksa jeki percaya kak... ckckck -_-

      Delete
  3. Nice think. Baru tau juga ada yang dalemin teori ini. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya, saya juga jadi penasaran.. terima kasih sudah berkunjung. :)

      Delete
  4. hahaha.. logat Makassarnya itu ckckc... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe anu, nda papaji toh? ada masalah? :D :P

      Delete
  5. Ada referensi buku yg mengupas mengenai "6 derajat pemisah" ini? Penasaranga'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran tonja, tp blm tau jugaaa hehe gogling coba, artikelnyaji banyak :)

      Delete