Sunday, April 5, 2015

Kata Mama (Sebuah Catatan untuk Diri Sendiri)


sumber gambar


Kata mama, "Jangan menghakimi seseorang sesuka hati, kita tidak pernah tahu perjuangan berat seperti apa yang telah dia lalui dalam hidupnya." 

* 

Jika kita tak melihat orang yang tergeletak tak bernyawa di pinggir jalan karena mati kelaparan, itu bukan berarti tak ada. 

Jika kita tak mendengar rintihan seorang anak kesakitan di dekapan ibunya yang tak tahu berbuat apa-apa karena tak punya uang sepeser pun, itu bukan berarti tak ada. 

Jika kita tak merasakan kesusahan dan penderitaan hidup sejak membuka mata di pagi hari hingga menutup mata di malam hari, itu bukan berarti tak ada. 

Jika kita berpikir hidup baikbaik saja, luruslurus saja, bahagiabahagia saja, itu sebuah kabar baik yang menakutkan. Apabila pikiran itu menyeragam dan membuat kita hanya melihat satu warna sesuai kacamata yang dipakai. Apabila kita menjadi risih terhadap teriakan orangorang yang meminta keadilan. Apabila kita merasa terganggu dengan orangorang yang mempersoalkan uang recehan serta hal yang dipandang remeh. Apabila kita malu melihat orangorang yang sibuk memperebutkan kemurahan hati para dermawan. Apabila di suatu kesempatan kita berbincang dengan teman dan menertawakan kehidupan, "Hidup itu dibawa enjoy aja. Ngapain sih dibikin ribet." 

Jika memang semudah itu, semoga jutaan orang di muka bumi ini yang tengah memikirkan cara bertahan untuk hidup sampai lupa tertawa, mendapatkan kesempatan yang sama. 

Mungkin bisa dimulai dari diri sendiri untuk berbagi; mencipta kebahagiaan untuk lingkungan sekitar. 

*Note to myself. 

Jkt, 030415

No comments:

Post a Comment