Thursday, February 23, 2012

Puisi : Lalu Berpuisi

Bismillahirrahmaanirrahiim.


AKU TAK BERPUISI HARI INI


Sedekap siang, aku dijamu demokrasi terbuka dan ditanya Ideologi tertutup
terang saja aku gelagapan.

Didudukannya aku pada kursi di ujung meja, resah menjawab patah-patah hanya Pancasila. 

Sila satu
"Aku lupa baru saja tinggalkan dhuha."
Sila dua
"Muak dengar jeritan kelaparan anak-anak tetanggaku. Si Laksmi, pembantuku, buang semua makanan yang tak kusuka."
Sila tiga
"Bersumpah tak kutemui Si miskin, walau mengiba di pagar tergembok."
Sila empat
"Masukkan saja ke bui, setandan pisang tetap saja bernama pencuri."
Sila lima
"Menjemput teman yang bebas jerat tuntutan korupsi, merayakannya di restoran bintang lima. Dengan uang hasil korupsi tentunya."


Kau sedang berpuisi? 

Aku menggeleng. Aku sedang tak berpuisi hari ini. Kemarin juga. Nanti, esok pula.




Dalam kebingungan, ingat PPKN. 23 Februari 2012


No comments:

Post a Comment