Thursday, June 12, 2014

Tulisan Manis dari Amma :)




2012 kemarin, sebuah pertemuan dalam peluk Forum Lingkar Pena , bersama teman-teman yang lain, kami diberi kesempatan tuk bersua dengan para pejuang pena, pengukir kata beribu makna. Kakak-Kakak FLP Maros. 

And The Story Begin....

Semua berawal dari hari Jum'at itu, *lupa tanggal*. Setelah paparan materi, seseorang yang seingat saya juga sebagai pembawa acara hari itu, membacakan sebuah cerpen. Bukan karyanya memang, tapi cukup membuat saya terkesima. Kak Iis, waktu itu membacakan salah satu cerpen, entah antologi apa dan siapa penulisnya. Yang jelas terekam adalah, Kak Iis yang membacanya.

Menarik, sangat. Alur cerita dan pembacaannya. Dalam hati saya berdecak kagum, mengukir kata 'hebat' dalam benak, Diam-diam juga ingin seperti dia -- Kak Iis. Selalu ada yang istimewa dari yang pertama. Maka jangan salahkan ingatan ini yang tak luput mengabaikannya, tak kuasa menghapus dari ingatan momen itu.

Kukira, kala itu adalah pertama dan terakhir bertemu. Namun kenyataan berkata lain. Allah masih memperkenankan kita bertemu, dalam sekmen-sekmen FLP Camar. Kak Iis terus mengompori kami agar berkarya. Giat menoreksi karya-karya awam dari sekumpulan anak SMP yang masih labil itu.
Membaca karya Kak Iis sama saja dengan terbang tinggi lalu jatuh dalam waktu sama. Berangan bisa sepertinya, berkarya imajinatif, namun nyali itu menciut kembali.

Entah berapa lembar waktu yang kita lalui, dan aku lewatkan dalam kebersamaan FLP Camar. Tidak banyak memang, tapi sungguh, itu berkesan. Tak dapat kurinci, namun kepingannya masih tersimpan elok. Al-Markaz, PTB, dan.... entahlah, dua tempat itu menjadi saksi kebersamaan The Camars.

Oh iya, Kak Is, kenyataan 'Orang Enrekang' di seminar kemarin itu entah kenapa seakan menantangku untuk mencampur kata dalam tulisan tentang Enrekang. Hal itu ingin kusampaikan, kemarin. Tapi kebersamaan, canda tawa, dan kehangatan bersama The Camars kemarin membuatku lupa mengutarakannya. Hehehe....

Hingga waktu kembali menggertak. Kenyataan menghempas mimpi. Bahwa kebersamaan itu hanya sementara. Dua hari lampau, kuharap itu bukan penutup perjumpaan kita. Bukan akhir bersuanya kita dalam pembukaan Sekmen berkesan itu. 

Perpisahan adalah awal pertemuan yang lebih baik. Untaian itu kubenarkan dalam hati, namun raga ini seakan menolak. Membuat perangai labil itu kembali berkuasa.Sebab inilah yang kutakutkan, perpisahan di balik pertemuan yang indah. Sebab kenangan selalu menghias mimpi. Kata Kak Iis, tidak akan kembali ke Maros kecuali ada hal urgent. Itu berarti ruang dan waktu berkuasa memisahkan kita. Saya. Kak Iis. Dan The Camars.

Maka sesi poto-poto kemarin, kuharap bukan yang terakhir. Menaruh harap agar Allah berkenan mempertemukan kita dalam keadaan yang indah. Lebih indah. Jauh lebih indah. Semoga... Aamiin, Allahumma aamiin.


Dalam atmosfer kaku, saya mungkin akan menyapa dengan lisan, Kak Aisyah. Tapi, keadaan melunakkannya seiring berputarnya waktu. Maka seiring berputarnya waktu pula, saya berharap tidak ada kekakuan yang meraja di antara kita. Saya. Kak Iis. Dan The Camars. Karena itu, tak bermaksud melahirkan kekakuan, apalagi mengabadikannya, izinkan saya untuk bilang,

"Daadaaa babay, Kak Aisyah. Semoga kenangan bersama dengan senang hati Kak Aisyah kenang, sebagaimana saya. Dan jangan lupa, -ingatkan saya- untuk menagih janji Kak Aisyah, menuntun saya dalam berkarya." 

Salam hangat, kangen, bakal rindu, dan kawang-kawang na,

Amma 
*

Terima kasih, Tuhan. Atas takdirMu mempertemukan adik Amma dengan ku di Maros tercinta. Terima kasih, Amma sudah menuliskan tulisan manis ini. Inshaa Allah, ini bukan yang terakhir. Sampai jumpa lagi yah dek, :)

sumber tulisan di sini


4 comments:

  1. Aaaa...Kak Iis deh... antara terharu dan mau ketawa ka ini ee.. :'D hihi.. Kak.. Knapa tdk aktf akun ta? Klarfikasi dlee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh nongol orangnya ahaha... ketawami saja jangmi nangis2an deh :P
      o de eh...berasa artis kurasa harus pake klarifikasi2 :P Ndajiiii... aktifji itu lg nanti. (nda tau kapan) ckck :D

      Delete
    2. Senyam senyum gaje mo deh.. : D Klo nmr hp iya, k'?msh aktf ji?

      Delete
    3. :P Nda aktifki karena nda ada casna ckckck Insya Allah aktifji nanti. Tunggumi sj datang smsku hohoho

      Delete