Friday, March 28, 2014

Cerita Di Balik Nama ^^


Belikan saya es krimm dongss :D

"Karena saya perempuan banyak nama, saya punya banyak cerita."

*

Hai, di mana pun belahan bumi kalian berpijak, apa kabar? Bagaimana langit di sana, cerah biru merekah? Abu-abu kelabu? Atau meraah merona? Yayaya, di sini langit cerah tapi menangis... ckckck seperti seorang wanita saja, yang nampak luarnya ceria padahal menangis tersed-sedu di dalam. Eh, maksa banget analoginya.. ahahaha

Sore ini, saya pengen nulis tentang cerita di balik 'nama-nama' saya. What a world! 

*

1. Aisyah Istiqomah Marsyah

Ini nama asli. Di akte kelahiran, di ijazah, KTP, KTM, kartu perpus, inilah yang tertera. Ah, yah...nama ini pemberian mama. Apa harapannya? Baca di sini. Saya suka sekali nama ini (yaiyalah), selain karena Aisyah adalah nama yang enak disebutkan (*_*), juga nama Istri Nabi Muhammad saw  yang memiliki banyak kelebihan dibandingan istri-istri Nabi yang lain. Tssah, ini bukan narsis... begitulah fakta berbicara. Adapun cerita di balik nama ini sebenarnya ada banyak, tapi beberapa saja deh. 

Saat SD saya punya teman cowok namanya Komar, rambutnya kriting, anaknya lumayan lucu, dan entah siapa yang memulai... nama saya dikait-kaitkan dengan dia. Jadilah... Aisyah Istrikomar! How funny, hah?! Kadang saya cuekin, kadang ngeselin juga, tapi yah sudahlah saya terlalu sabar untuk marah-marah. Hahaha

Saat SMP, guru agama saya (masih muda dan agak calleda) sedang mengabsen di hari pertama mengajarnya. Pas nama saya di sebut, dia ngeliat-liatin saya sambil senyam-senyum trus bilang begini. "Aisyah udah nikah belum?" Ih yuuuu... temen-temen pada ketawa, saya jawab, "Belumlah, pak. Orang masih sekolah kok." Pak guru ngebales jawaban saya sambil nyengar-nyengir, "Loh kok belum nikah, umurnya udah 14 tahun kan? Aisyah, istrinya nabi itu umur 9 tahun aja udah nikah. Harusnya kamu juga udah nikah. Hahaha.." Hahahaha, saya pura-pura ketawa. Padahal sumpah, nggak mutu banget becandaannya Pak Guruku yang satu ini, karena setelah itu jadi bahan olokan teman-teman ke saya. Yeah, forget it!

Saat SMA, saya sempat 3 bulan bersekolah di SMA 52 Jakarta, karena nama saya berawal dari huruf A, jelas selalu kebagiaan absen paling atas, maka saat praktek bahasa Mandarin mau tidak mau saya maju pertama tanpa persiapan. Hal ini, selalu terjadi. Paling pertama dapat cobaan #eh Ahahaha. Oia, setelah itu saya pindah ke Pesantren yang bernama DARUL ISTIQOMAH. Bisa pas gitu yah? Kata mama beliau gak tahu klo ternyata tempat tinggal kakek itu di pesantren (yang bernama) Istiqomah. Dan beberapa santri mengira saya ganti nama jadi Istiqomah karena masuk pesantren. Behhhh... inilah kisah di balik nama asliku.

2. Iis

Kalau bernama Aisyah, kerap kali panggilannya menjadi Ica atau Cha-cha. Kok yah, saya malah jadi Iis. Yang dengar nama ini, pasti langsung mengaitkannya dengan Iis Dahlia, penyanyi dangdut itu. Setiap bertemu orang baru, saya memperkenalkan diri dengan nama Aisyah, ketika ditanya nama panggilannya, Demi Tuhan saya ingin sekali tidak mengatakan Iis, tapi tidak pernah terjadi. Ahahaha

3. Sparkling Autumn

Nama FB ini berhasil meredupkan sinar nama asli saya. ckckck sungguh keterlaluan! Dimana saya mendapatkan nama ini? Saya adalah pembaca novel dan suka sekali mencatat kata-kata yang baru, atau asing namun bermakna. Nah, awalnya nama FB saya itu CAMEO MARSYAH, cameo itu semacam berlian, ruby, gitu...unik dilihat. Tapi karena selalu lupa password, walhasil gonta-ganti FB deh. Terakhir, saya bingung mau menamakan apa. Ah, saya suka sekali dengan Musim Gugur lalu saat itu saya sedang membaca novel yang ada kata sparkle-nya. Meski sedikit memaksa, jadilah SPARKLING AUTUMN dengan filosofis, saya ingin menjadi seorang muslimah yang menggugurkan dosa-dosanya agar bisa berkilauan di dunia dan di akhirat. Huahhh... syahdunya gang :')

4. Keongky

Nama blog ini adalah perpaduan dua hal yang tak nyambung adanya. Pada tahun 2012, ketika video Keong Racun merebak, kami (para pembina SPIDI) bertanya-tanya siapa itukah orang, heboh banget? Nah, sayalah yang pertama kali lihat di TV dan menceritakan tentang duo dara yang lypsinc lagu keong racun. Mereka penasaran. Ketika sudah melihat, bertestimonilah adik Imut, "Lebih cantikki kak daripada mereka." Olala, sejak itu saya dipanggil, kak Keong/Putri Keong, pokoknya begitulah dan bukan karena saya orangnya lambat seperti keong. Ckck

Nah, Yongky adalah pemain sepakbola Timnas yang sangat amat saya kagumi (dulu), akhirnya saya namakanlah blog saya KEONGKY: perpaduan antara KEONG + YONGKY ahahaha...

5. YahAisyahYah

Ini nama Twitter, ehmm... awalnya @AramAutumn lalu berubah @AisyahAram kemudian sudah saya putuskan untuk mematenkan @YahAisyahYah, ahaha enak ajha diucapkan. 

6. Alien

Ahahaha, nama ALIEN, saya gunakan di LINE, Whatsapp, BBM, Tumblr, entah kenapa saya suka sekali dengan kata ini. Mungkin saya suka langit, suka bintang, suka bulan, suka hal yang berbau astronomi, kadang bertanya-tanya: sungguh adakah alien itu? atau jangan-jangan kitalah alien itu? Who knows? :D

7. Oos

Kalo nama ini, khusus panggilan dari om Anca. Ketika saya mengunjungi beliau pada Lebaran tahun lalu, saya pikir beliau lupa panggilan ini. Dan ternyata, "Eh si Oos, udah besar yah. Cantik kayak ustajah-ustajah." beliau takkan lupa sepertinya. 

8. Is Is

Dan panggilan ini, ahahaha hanya orang gila yang sedang bahagia panggil saya ini. Akhir-akhir ini saya tidak pernah dapat panggilan ini, mungkinkah orang gila itu sedang-tidak bahagia? Huh!

*

Huaahhh, banyaknya namaku ternyata. Ahahaha... tak apalah saya menjadi perempuan banyak nama, dan mestilah memiliki banyak cerita. Panggilah saya sesuka anda, selama itu adalah panggilan yang baik, penuh makna dan doa. Sebab saya adalah penentang sejati pikirannya si-Shakespeare, "Apalah arti sebuah nama?" Demi Tuhan, nama itu sangat berarti! Terima kasih. 


Mksr, 28/03/14


No comments:

Post a Comment