Thursday, March 27, 2014

Di Antara Langit dan Laut



Seperti langit, seperti laut.

"Antara Langit dan Laut, ada Aku."

*

Di dalam mimpiku siang ini, aku tergeletak di suatu tempat, berlantai kaca yang transparan. Seperti berada di atas globe yang besar, luas sekali. Sepanjang mataku memandang aku hanya melihat hamparan lantai kaca.

Aku memegang hape. Aku masih terbaring. Hanya memandang laut yang berada di bawah kaca, ah bukan, di dalam kaca. Entahlah, aku tak tahu membahasakannya. Aku terlalu takjub. Saat itu aku bersama seseorang, entah siapa. Perempuan atau lelaki, aku juga tak tahu. Kami berdua di tempat asing itu, dan sama-sama terkesima dengan apa yang ada di hadapan kami.

Akan kujelaskan lebih rinci, mumpung aku masih mengingatnya dengan jelas. Kalian tahu globe? Yah, tiruan bumi yang biasa kita pakai saat pelajaran IPS. Nah, aku merasa tempat itu seperti globe yang besar sekali, ataukah sebenarnya itu adalah bumi? Dasarnya terbuat dari lantai kaca, aku bisa melihat air yang bergolak di dalamnya. Aku sempat memandangi pusarannya. Indah sekali. Seseorang yang menemaniku, berjalan ke sana ke mari, sedang aku (entah kenapa) hanya terbaring saja menghadap laut di dalam kaca. Sampai pada akhirnya, aku terkejut saat melihat ke atas, di atasku ada langit yang terhampar luass sekali, biru. Dan awan-awan putih membentuk semacam gelombang yang menakjubkan. Maha suci Allah atas kuasanya, di mimpi itu semuanya terlihat indah.

Aku pun berdiri. Tanganku bergerak memoto langit, dari segala arah. Mulutku mengucapkan kalimat ini berkali-kali, "Indah sekali. Langit dan laut. Apakah mereka bisa membedakan ini?" sampai aku terbangun.

Mereka? Kepada siapa aku ingin memperlihatkan foto-fotoku?
Seseorang yang menemaniku, siapa dia?
Sekedar bunga tidurkah mimpi ini?
Tempat apakah itu?

Aku tak pernah tahu jawaban di atas, namun yang terpatri di ingatanku tempat itu sangattttttlah indaaaahhh. Langit dan Laut. Sungguh dekat jarakku pada keduanya. Seakan-akan akulah pemisah keduanya. Terima kasih Tuhan, untuk mimpi indah ini. 

Mksr,27/03/14

No comments:

Post a Comment