Friday, February 13, 2015

Tentang Keberanian


bersama para pemberani! :)

miss you all, masih berpuisi kah?

Apa kabarnya mereka? Masih berpuisi kah? Atau menemukan jalan lain menuju diri mereka yang sebenarnya? Foto 5 atau 6 tahun yang lalu ini mengingatkanku pada sebuah keberanian. Keberanian yang kubangun lewat 'kecerewetan', meminta mereka untuk percaya diri pada kemampuan masing-masing. Mengikuti lomba tanpa persiapan lebih dahulu, tentulah menimbulkan keraguan di hati, apalagi sebagian dari mereka ini adalah pengalaman pertama kali.

Sepanjang perjalanan, aku hanya meminta mereka untuk bersikap santai. Tulislah apa yang memang hati mereka inginkan. Tidak usah takut sama peserta lain, jangan pikirkan tentang menang atau kalah, dan menyarankan untuk berfikir out of box. 

Lomba menulis puisi di tempat, diikuti banyak sekolah, lomba ini diadakan dalam rangka menyuarakan dukungan masyarakat Indonesia untuk kebebasan Palestina yang bertempat di Al-Markaz Makassar. Dan, Alhamdulillah, dua dari keenam santri mendapatkan juara 1 (Ulfa) dan 3 (Najwa).

*

Kalau ditanya, apa kekuatan yang paling ingin kumiliki saat ini, maka KEBERANIAN adalah jawabannya. Aku seperti kehilangan keberanian yang pernah kumiliki. Untuk tak ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu dan mengejar impianku.  Dulu, dengan mudahnya kutanamkan sifat itu pada santri-santriku, berani bermimpi, berani berkompetisi, berani melakukan hal-hal yang luar biasa meski dalam keadaan sesulit apapun. Sekarang? Apa yang terjadi?

Masih kuingat jelas saat berdiri di hadapan para santri, setiap jeda maghrib-isya kuisi dengan permainan motivasi, atau sekedar cerita yang penuh makna kehidupan. Lalu kulihat nyala semangat di mata mereka. Pun, di mataku.

Aku merindukan mereka. Ah, keberanian juga. 

Bolehkah aku memilikinya lagi? 
Maksudku, aku akan memilikinya lagi!
InsyaAllah :')

*

jkrt, 140215

No comments:

Post a Comment